Gerbang Awal Masuknya Agama Islam Ke Nusantara Indonesia

Awal masuknya Islam ke Indonesia

CERDASNEWS.COM, — Pertanyaan yang selalu meresahkan para sejarawan, Kapan Islam masuk ke Nusantara Indonesia? Apakah dibawa oleh pedagang atau guru – guru tasawuf ? Dari manakah asal pedagang dan guru – guru tasawuf itu ? Daerah mana diantara Nusantara Indonesia yang demikian luas, sebagai daerah pertama yang menerima ajaran Islam ? Apakah oleh ketiga pegadang dari Arab, India dan China? Apakah itu daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, atau Sulawesi.

Problemnya masuknya Islam ke Nusantara Indonesia sukar dipastikan. Wilayah mana yang masuk, yang dimasuki paling awal sukar ditentukan, mengingat luasnya Wilayah Indonesia dan Nusantara berposisi geografis terletak pada persimpangan jalan laut niaga antara Arabia, India dan China.

Indonesia memiliki 27.000 pulau, dengan daratan sekitar 2000.000 km2 seluruhnya seluas 5.200.000 km2 maka sukar memastikan wilayah mana yang paling sulit pertama dimasuki.

Ada beberapa teori tentang masuknya Agama Islam ke Indonesia:

  • Teori Gujarat Prof. Dr. C. Snouck Hurgronje

Menurut teori ini, Islam pertama kali masuk di Gujarat dan tidak mungkin Islam masuk ke Nusantara langsung dari Arabia tanpa melalui ajaran tasawuf yang berkembang di India. India adalah daerah Gujarat. Daerah yang pertama dimasuki Samodra Pasai. Waktunya abad ke-13 Masehi.

  • Teori Makkah Prof. Dr. Buya Hamka

Prof. Dr. Buya Hamka dalam seminar masuknya Islam ke Indonesia di Medan pada tahun 1963, lebih menggunakan fakta dari Berita China Dinasti Tang. Adapun waktu masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7. Didalam Berita China Dinasti Tang tersebut disampaikan ditemuikannya daerah hunian pedagang Arab Islam dipantai barat sumatera maka disimpulkan Islam masuk dari daerah asalnya Arab. Sedangkan, Samudra Pasai yang didirikan pada 1275 M atau abad ke-13, bukan awal masuknya Islam, melainkan perkembangan Islam.

  • Teori Persia Prof. Dr. Hoesin Djajadiningrat
BACA JUGA :  Persahabatan Burung Dan Manusia Serta Ikatan Spiritualitas Yang Erat

Teori ini menjelaskan, Islam awalnya masuk melalui Persia. Pendapat ini berdasarkan pada sistem baca atau mengeja huruf Al-Qur’an, terutama di daera Jawa Barat:

  • Teori China Prof. Dr. Slamet Muljana

Pada tahun 1968, dalam Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara – Negara Islam Di Nusantara, tidak hanya berpendapat Sultan Demak adalah orang peranakan China.  Sebenarnya menurut budaya cina dalam penulisan sejarah nama tempat yang bukan cina dan tempat yang bukan cina , juga di cinakan penulisannya.

Namun, menurut Prof. Dr. G.W.J. Drewes Guru Besar Islamologi dari Universitas Leiden saat di IAIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta, menyatakan bahwa data yang dikumpulkannya tidak tepat.

Ini 4 teorinya tentang masuknya Agama Islam masuk ke Nusantara Indonesia.

Setelah wafatnya Rasulullah SAW, namun hubungan perdagangan tetap berlangsung antara khulafur Rasyidin, 11-41 H/ 632 – 661 M dengan Negara – Negara Non-Muslim di luar Arabia termasuk Negara Indonesia pada masa itu.

Menurut Shaikh Syamsuddin Abu Ubaidillah Muhammad bin Thalib ad-Dahr dalam bukunya Nukhbat ad- Dahr, menjelaskan bahwa, Pada masa Usman Bin Affan 24 – 36 H/ 644 – 656 M, beliau mengirim utusan untuk berdagang ke China, dan Utusan tersebut singgah di pulau di Indonesia. Pedagang muslim masuk ke Indonesia pada masa khalifah ketiga Usman bin Affan.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Khulafar Rasyidin mengirim pedagang ke China sebanyak 32 Kali. Tentu 32 kali pengiriman pedagang dari seluruh khalifah itu singgah ke Indonesia sebab satu – satunya jalan yang mudah untuk masuk China Selatan adalah melalui kepulauan Nusantara Indonesia.

Begitu juga menurut, Drs. Ibrahim Bukhori, berdasarkan angka tahun yang terdapat dinisan  seorang ulama, Syaikh Mukaiddin di Baros, Tapanuli yang bertuliskan 48 Hijriah atau 670 Masehi, dan disana juga terdapat pemukiman Arab Muslim pada 674 M, maka dapat dipastikan agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 atau abad ke-1 Hijriah.

BACA JUGA :  Lafran Pane Part II : Ketua Umum PB HMI Pertama dan Tersingkat

Sumber : Buku API Sejarah

Facebook Comments